Blue Wings - Working In Background

"Sambas"

Powered By Blogger

GOOGLE FEED BURNER

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Friday 18 November 2016

ASPEK MEDIA DALAM KOMUNIKASI



Komunikasi berlangsung melalui media yang sifatnya abstrak universal dan media sifatnya konkret teknis. Media yang abstrak adalah bahasa. Bahasa berfungsi sebagai pembawa pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain. Dengan bahasa, seseorang akan memahami pikiran atau perasaan orang lain. Bahasa dalam arti sempit adalah bahas verbal, dan dalam arti luas adalah bahasa nonverbal, termasuk isyarat dan tingkah laku.
Sikap yang diekspresikan melalui bahasa belum tentu merupakan ungkapan sikap sebenarnya. Ini bisa dipelajari dalam dunia politik. Ketika seorang mediator tampil menengahi perselisihan, para pihak yang bertikai menyatakan setuju tetapi ternyata perselisihan masih terus berlanjut. Itu disebabkan apa yang mereka maksud dengan setuju adalah setuju untuk tidak setuju. Yang mengherankan bahasa sebagai media komunikasi adalah karena bahasa mengandung pengertian konotatif selain denotatif. Pada umumnya, orang berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata yang tidak menimbulkan konotasi salah atau menimbulkan interpretasi lain. Tetapi dalam dunia diplomasi, kadang-kadang seorang diplomat dengan sengaja menggunakan kata-kata konotatif untuk menyembunyikan tujuan yang hendak dicapainya atau agar lawan bicaranya menjadi bingung dengan apa yang sebenarnya dimaksudkan. Padahal, sang diplomat ini menunjukkan sikap tertentu dan pasti.

Media komunikasi yang kedua bersifat teknis dan berfungsi sebagai penerus atau pelipatganda pesan yang telah di informasikan dengan bahasa tersebut. Digunakan media ini, karena sasaran berada dalam jarak yang jauh atau banyak jumlahnya. Di pakailah surat, telepon, telegram, teleks, poster, pamflet, leaflet, brosur, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, dan sebagainya. Tetapi dalam keserbanekaan media komunikasi, seorang komunikator harus pandai memilih media mana yang paling efektif untuk menyampaikan pesan. Tidak semua media dapat dipergunakan secara efektif untuk semua sasaran dan semua pesan. Lebih-lebih di penghujung abad ke-21 sekarang teknologi sedemikian canggih dengan adanya teleconferencing network, electronic messanging system, computer bulletin boards, dan interactive cabel television.

0 comments: