Blue Wings - Working In Background

"Sambas"

Powered By Blogger

GOOGLE FEED BURNER

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Saturday 19 November 2016

JILBAB ZAMAN DAHULU DAN ZAMAN SEKARANG



Jilbab merupakan suatu syari’at yang di turunkan oleh Allah swt. Terbukti dari dahulu telah ada orang yang melaksanakan syari’at Islam. Tahun 1929 Muslim Vejer dengan hijab khas mereka yang menutup seluruh tubuhnya salah satu kota di Andalusia. Tahun 1909, sebagaimana wilayah Eropa lainnya yang terpengaruhi ajaran Islam wanita juga menggunakan hijab sempurna saat di luar rumah.
Uzbekistan dahulunya adalah negeri Muslim bersejarah yang berperadaban tinggi. Ia merupakan negeri berpenduduk terbanyak di Asia Tengah (Turki). Wanita-wanita di sana menggunakan sejenis hijab yang dikenal dengan nama branji yang menutup seluruh tubuh dari atas sampai bawah. Fenomena hijab mulai marak, dan ribuan pelajar pergi menuntut ilmu di seluruh Universitas berbagai negara, untuk belajar Islam.
Sejak tahun 1980-an perjuangan kaum jilbab, sepakat memperjuangkan gerakan menutup aurat seiring dengan semangat kebangkitan Islam di seluruh dunia. Tahun 1983 jilbab masih menggunakan kata kerudung. Pada tahun 1984 saja, dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia belum ada kata jilbab, yang digunakan adalah kata  yang belum populer di Indonesia saat  itu,  yaitu  hijab, yang merujuk pada kain penutup aurat bagi wanita muslimah. Kesadaran muslimah untuk menggunakan jilbab di Indonesia sebenarnya berjalan seiring dengan kebangkitan Islam yang bepicu oleh runtuhnya kekuasaan Syah Reza Pahlevi di Iran, sebelumnya pada tahun 1936, Shah Reza Pahlevi memang mengeluarkan  perintah   yang  melarang  penggunaan segala bentuk pakaian bernuansa Islami oleh perempuan di Iran, Reza yang mendirikan Iran modern di atas tiga pilar (kebarat-baratan, pengkhianatan, sifat tunduk pada imperialisme), pertama-tama membawa istri dan anak perempuannya yang tidak menggunakan hijab sewaktu menjalankan tugas pemerintahannya (sebagai raja).
Kemudian melalui sebuah ketetapan, ia mewajibkan seluruh wanita menanggalkan kerudung (hijab) seraya mulai memerintahkan memakai pakaian ala barat di lingkungan kantor-kantor pertemuan dan dalam seluruh pertemuan.  Khusus di Indonesia,  revolusi  jilbab  bisa  dikatakan  berjalan  seiring  dengan  maraknya gerakan dakwah pada era 80-an. Jilbab zaman sekarang yang banyak dipakai khususnya di Indonesia jilbab yang penggunaannya ada yang melilit-lilit leher sehingga dadanya tidak ditutupi jilbab, jilbab yang kebanyakan digunakan sekarang ini jilbab paris, ada juga yang menggunakan jilbab yang besar sampai lututnya, bahkan ada juga yang bercadar.
Terlihat jelas bahwa jilbab sudah digunakan dari sejak dahulu hanya berbeda bentuknya dan jenis yang digunakan, apapun bentuknya itu memberikan tujuan yang sama menutup aurat, penutupan aurat telah ada dari dahulu sejak turunnya ayat al-Quran mengenai wajibnya menggunakan jilbab untuk menutupi aurat.




0 comments: